E-book Gratis di IPusnas

Bismillah.

Kabar gembira, Wankawan!!!

Belakangan di masa pandemi ini, saya lagi hobi membaca jawaban-jawaban di Quora (semacam situs tanya-jawab). Banyak sekali jawaban-jawaban di Quora yang mengatakan tentang pentingnya membaca buku, pengembangan diri lewat buku, dan lain-lain. Nah, terketuklah pintu hati ini untuk membaca buku kembali.

Tapi, o, tapi, taman baca langganan saya (yang cukup dekat dengan tempat tinggal) selama pandemi ini tutup. Namanya Katakerja kalau kalian mau tahu (search, gih! Tempatnya keren). Bimbang lah saya.

Sampai beberapa hari yang lalu saya mendapat jawaban di Quora (saya lupa tentang apa) yang di akhir jawabannya menyebutkan tentang e-book gratis di Ipusnas. Wah, apa, tuh? Kebetulan kan ni yaa, ceritanya.

Lihat webnya, terus download. Pertama kali saya tak tahu akan membaca apa. Sistemnya bagaimana saya agak bingung. Lewat, ada salah satu buku judulnya ‘Persona’, jujur saya no idea ini tentang apa atau bagaimana, tapi dilihat-lihat sampulnya bagus, dilihat lagi sepertinya dari salah satu penerbit major yang saya kenal. Saya tekan tuh, tombol di bawah bukunya. Ternyata, sistemnya ngantri, Wankawan.

Setangkap saya begini: misalnya ada buku dengan kopian yang tertulis di fitur ada lima kopian, berarti jika sudah ada lima orang yang meminjam buku tersebut, lalu saya ingin meminjam sebagai orang keenam, maka saya harus menunggu (antre) sampai lima orang tadi ada yang mengembalikan buku pinjaman (ini e-book, ya), baru bisa saya baca. Waiting list seperti itu.

Saya senang sekali, banyak buku-buku bagus di sini. Wankawan yang ingin membeli buku impian kalian, mungkin bisa lihat e-booknya dulu di Ipusnas. Tahu aja da, kan gratis. Heheheeheh.

Sekian.

 

Leave a comment